Jumat 21 Aug 2015 14:06 WIB

Jimmy Carter: Kanker Saya Sudah Menyebar ke Otak

Jimmy Carter
Foto: Reuters
Jimmy Carter

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan presiden AS Jimmy pada Kamis (20/8) mengatakan kanker yang dideritanya sudah menyebar ke otaknya.

Ketika berbicara dalam satu taklimat untuk pertama kali sejak ia mengumumkan diagnosis kankernya pada 12 Agustus, Carter mengatakan di tubuhnya terdapat empat titik kecil melanoma di otaknya dan perawatan radiasi yang dijalaninya dimulai pada Kamis malam.

Ia menjalani operasi pada 3 Agustus untuk mengangkat tumor yang ditemukan di livernya, dan sembilan hari kemudian, para dokter memberitahu dia kanker itu sudah menyebar ke bagian lain tubuhnya, kata mantan presiden tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua, Jumat (21/8) pagi.

Ia menambahkan para dokter akan melakukan pemeriksaan CAT untuk melihat dari mana asal keempat benjolan di otaknya. Carter mengatakan ia tak pernah mempertimbangkan untuk tidak melawan kanker sebab ia sepenuhnya percaya pada dokternya, dan ia memilih untuk mengharapkan yang terbaik serta menerima hasilnya.

Kesehatan Carter telah diamati secara seksama tahun ini. Ia mempersingkat perjalanan pemantauan pemilihan umumnya ke Guyana pada Mei, setelah jatuh sakit. Carter, yang dilahirkan pada 1924, menjadi presiden ke-39 AS dari 1977 sampai 1981. Ia dianugrahi Hadiah Nobel Perdamaian pada 2002.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement