Jumat 18 Sep 2015 16:45 WIB
Ahmed Mohamed ditangkap

Ini Sosok Perempuan yang Memulai Tagar #IStandWithAhmed

Amneh Jafari, seorang mahasiswi 23 tahun yang memulai tagar #IStandWithAhmed.
Foto: bbc
Amneh Jafari, seorang mahasiswi 23 tahun yang memulai tagar #IStandWithAhmed.

REPUBLIKA.CO.ID, ARLINGTON -- Amneh Jafari, seorang mahasiswi 23 tahun, mengatakan dia sama sekali tidak menyangka dampak yang ia timbulkan bagi Ahmed Mohamed (14 tahun).

Ahmed ditahan karena jam buatannya disangka bom oleh gurunya.

Jafari yang juga seorang Muslim, mengatakan kepada ABC News, Kamis (17/9), setelah melihat kisah Ahmed dia merasa perlu menunjukkan solidaritasnya. Dia yakin Ahmed telah mengalami diskriminasi.

"Jika namanya John dia akan dilabeli jenius. Karena namanya Ahmed dia dilabeli dengan 'tersangka'. #doublestandards #IStandWithAhmed," kicau Jafari dalam akun @AmnehJafari.

Dialah sosok yang pertama memulai tanda pagar #IStandWithAhmed. Kicauannya telah ditwit ulang sebanyak 1,6 juta kali hingga kemarin.

"Saya tidak menyangka hal itu akan jadi sebesar ini. Saat Obama dan Mark Zuckerberg menawarinya (Ahmed) kesempatan baik, saya tidak tahu apakah itu nyata atau mimpi," kata Jafari yang merupakan mahasiswa psikologi di University of Texas di Arlington.

Menurut dia, tagar itu bukan hanya ditujukan untuk Ahmed, tapi bagi orang-orang dari semua warna, ras, pemuda dan orang yang terdiskriminasi. Meski belum bertemu langsung dengan Ahmed, Jafari mengatakan mereka sudah berbicara melalui telepon.

"Dia berterima kasih karena memulai gerakan dan saya juga berterima kasih dan mengatakan dia menginspirasi saya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement