Senin 28 Sep 2015 15:32 WIB

Topan Super Dujuan Siap Hantam Taiwan

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Topan Rammasun
Topan Rammasun

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Angin topan super Dujuan diyakini bakal menghantam Taiwan pada Senin (28/9) sore. Ribuan orang telah dievakuasi dari daerah pantai seiring dengan badai yang semakin menguat.

Hujan deras dan angin kencang diperkirakan meliputi Taiwan sejak Senin sore dimulai dari daerah pantai timur. Biro cuaca Taiwan telah meningkatkan status Dujuan menjadi topan kuat yang merupakan kategori tertinggi.

Biro cuaca regional lain, termasuk Hong Kong Observatory mengategorikan Dujuan sebagai topan super dengan kekuatan tiupan hingga 227 km per jam. "Seluruh pulau harus meningkatkan kewaspadaan terhadap angin kencang dan hujan deras," kata Biro Cuaca Pusat Taiwan.

Hampir 3.000 orang, sebagian besar turis telah dievakuasi dari Green Island dan Orchid Island Taiwan yang cukup populer untuk wisatawan. Otoritas juga memperingatkan terjadinya banjir dan longsor.

Sebelumnya Taiwan telah dihantam topan Soudelor yang menyebabkan delapan orang tewas. Sebanyak 24 ribu pasukan dikerahkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Selain itu, 100 tempat tinggal sementara telah disiapkan. Badai Dujuan diperkirakan akan menerpa hingga Selasa sebelum mencapai Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement