Sabtu 17 Oct 2015 13:34 WIB

Taruna Militer Australia Gelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Salah seorang pemenang lomba bersama dengan Dubes RI Nadjib Riphat Kesoema.
Foto: abc
Salah seorang pemenang lomba bersama dengan Dubes RI Nadjib Riphat Kesoema.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Para taruna militer Australia yang sedang menjalani pendidikan pada Australian Defense Force Academy (ADFA) di Canberra, menggelar lomba pidato Bahasa Indonesia. Topiknya sangat beragam, termasuk pidato tentang Presiden Jokowi.

Di Australia, bukan hanya murid sekolah TK hingga SMA yang antusias belajar Bahasa Indonesia. Para kadet taruna militer  Angkatan Darat, Laut maupun Udara, yang sedang menuntut ilmu di Australian Defense Force Academy (ADFA) di Canberra, tak kalah semangatnya untuk menguasai Bahasa Indonesia.

Meski baru belajar Bahasa Indonesia setelah menjadi kadet Australia selama 2 hingga 3 tahun, namun kemampuan berbahasa Indonesia mereka bisa disebut mengagumkan.

Hal itu terbukti ketika para taruna ini ikut serta dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia terkait kegiatan Indonesia Day yang diselenggarakan di Kampus ADFA, Kamis 15 Oktober 2015.

Bahkan pembawa acaranya pun, yakni Kate Milward dan Tingting Luo, juga menggunakan Bahasa Indonesia saat memandu jalannya kegiatan itu.

Dalam lomba tersebut, dua orang kadet yang berasal dari Kamboja dan Vietnam yang tengah mengambil pendidikan di ADFA, juga menunjukkan kebolehannya berpidato dalam Bahasa Indonesia secara meyakinkan.

Kegiatan lomba ini dibuka Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, yang menyatakan penguasaan Bahasa Indonesia, termasuk oleh para kadet Australia sangat dibutuhkan untuk mendekatkan dan merekatkan jalinan persahabatan kedua negara.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-10-16/taruna-militer-australia-gelar-lomba-pidato-bahasa-indonesia-salah-satunya-tentang-jokowi/1504234
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement