Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Jokowi akan Sampaikan Sikap Indonesia di COP21

Jumat 27 Nov 2015 14:47 WIB

Red: Nidia Zuraya

Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo.

Foto: Setkab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pandangan Indonesia dalam proses negosiasi yang berlangsung dalam KTT Perubahan Iklim di Paris awal pekan depan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan di Istana Presiden Jakarta, Jumat (27/11) mengatakan Presiden Jokowi akan bersama 147 pemimpin lainnya menyampaikan sejumlah pandangan dan posisi Indonesia mengenai berbagai isu terkait perubahan iklim.

"Dan selama pertemuan leaders tersebut, Presiden tentunya akan menyampaikan statement Indonesia selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Dan dalam statement itu tentunya kita menyampaikan beberapa hal. Pertama adalah pemberian political support terhadap suksesnya negoisasi tersebut," kata Retno.

Dia menambahkan, kemudian Presiden akan menjelaskan mengenai posisi strategis Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan yang terbesar tetapi juga pada posisi yang secara geografis yang rentan terhadap perubahan iklim dengan adanya 17 ribu pulau di antaranya adalah pulau-pulau yang kecil, lebih dari 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari air, laut, dan sebagainya.

"Itu membuat kita juga rentan dan kita sebagai negara berkembang juga masih memerlukan ruangan yang cukup untuk melakukan pembangunan ekonomi," kata dia.

Menlu mengatakan, Indonesia sejak beberapa waktu lalu juga sudah menyampaikan komitmen mengenai pengurangan emisi. Selain menghadiri pertemuan tentang perubahan iklim itu, Presiden Joko Widodo juga akan bertemu secara bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lainnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA