Kamis 03 Dec 2015 03:07 WIB
Turki vs Rusia

Presiden Erdogan Dibandingkan dengan Gollum

Rep: C25/ Red: Karta Raharja Ucu
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan tooko film the Lord of the Rings, Gollum (kanan)
Foto: IST
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan tooko film the Lord of the Rings, Gollum (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Sebuah komite ahli di Turki sedang melakukan penilaian terhadap salah satu tokoh film the Lord of the Rings, Gollum. Hal itu dilakukan usai sebuah perbandingan yang ramai dibicarakan antara Presiden Erdogan dengan Gollum.

Dilansir dari Huffington Post, Rabu (2/12), sebuah pengadilan Turki terus mengawasi kasus seorang dokter, yang dituduh menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Komite ahli juga telah ditugaskan, untuk memberikan penilaian apakah Gollum merupakan karakter yang baik atau buruk.

Bilgin Ciftci, kini menghadapi tuntutan dua tahun penjara lantaran diduga menghina seorang pejabat negara. Tuntutan itu terjadi usai Ciftci menyandingkan, gambar Gollum dengan Presiden Erdogan di media sosial.

Pengacara Hicran Danisman, terpaksa harus berdebat di pengadilan untuk memastikan Gollum bukanlah karakter buruk. Hal itu dilakukan demi mendapatkan pembelaan berdasarkan kebebasan berekspresi.

Danisman mengaku akan terus mendorong hakim untuk memerintah komite, termasuk psikolog dan ahli film, untuk memberikan penilaian terhadap karakter Gollum. Sidang sendiri ditunda sampai 23 Februari 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement