Kamis 03 Dec 2015 06:16 WIB

Emily Solima, Gadis Australia yang Pandai Menari Selayar

Emily Solima, gadis Australia sang penari trandisional Indonesia.
Foto:

Meski rajin berlatih pencak silat yang Indonesia sekali, namun Rod mengaku belum pernah ke Indonesia. "Saya mau ke Bali, untuk berlatih bela diri dan bukan ke pantai. Saya juga ingin pergi ke Jakarta, ke padepokan silat dan stadionnya," harapnya.

Filosofi pencak silat juga membuat hati Michael Honegger kesengsem pada seni bela diri Indonesia ini. Pencak silat, menurutnya punya aspek fisik dan spiritual.

"Secara pribadi saya melihat sejak masih muda, itu melatih orang. Saya melihat pencak silat punya banyak aspek berbeda. Ada tradisional, ada seni. Jadi banyak aspek berbeda di pencak silat, pakai tetabuhan gendang, aspek gerakannya, ekspresi, budayanya sangat kuat. Aspek jika mau kompetisi bisa, jika mau lihat aspek mental, meditasi dan spiritualnya juga bisa, dan semua itu anda bisa melakukan apa saja, sangat beragam. Seni beladiri yang sangat menarik dengan banyak aspek berbeda," tutur Michael.

Michael ini lebih jago lagi, karena belajar pencak silat sejak dia masih kanak-kanak. Namun 10 tahun lalu dia bergabung dengan padepokan Silat Thomas dan baru mulai serius 8 tahun lalu.

"Saya tumbuh di Malaysia dan Singapura, tapi kemudian di Australia dengan gaya Jawa Barat, jadi belajar di sini," imbuh dia.

Michael sering mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Australian Pencak Silat Federation (APSF). Dia juga pernah bertanding pencak silat mewakili Australia di Eropa.

"Kejuaraan terakhir di Phuket Thailand, namun saya tak bertarung lagi, terlalu tua. Kelas fight itu yang muda-muda," jelas dia.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-02/emily-solima-gadis-australia-yang-pandai-menari-tarian-selayar/1521184
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement