Ahad 20 Dec 2015 09:10 WIB

Erdogan Temui Pemimpin Hamas

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Erdogan
Foto: guardian.co.uk
Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (19/12), bertemu dengan Pemimpin Hamas Khaled Meshaal di Istanbul.

Pertemuan ini dilakukan sehari setelah Israel dan Turki mengatakan, mereka sedang berupaya menambal lima tahun keretakan politik.

Sumber yang dekat dengan kantor Erdogan mengatakan, Meshaal menjelaskan kepada Erdogan perkembangan terbaru di Gaza. Namun sumber yang berbicara dengan syarat anonimitas itu tak memberikan rincian lebih lanjut. Hamas selama ini menguasai Jalur Gaza, Palestina.

Sebelumnya pejabat Israel pada Kamis (17/12), mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan Turki untuk menormalkan kembali hubungan. Hubungan Israel-Turki memburuk pada 2010, ketika pasukan Israel menewaskan 10 aktivis Turki di kapal Mavi Marmara.

Saat itu Turki menuntut Israel meminta maaf atas serangan tersebut. Namun bagi Israel, membatasi aktivitas Hamas di Turki merupakan kuncinya.

Berdasarkan kesepakatan awal kedua negara, Israel meminta Turki melarang pemimpin senior Hamas Saleh Al-Aruori untuk tinggal di Turki. Selama ini al-Aruori menetap di Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement