Selasa 22 Dec 2015 09:55 WIB

Dua Peselancar Australia Ciptakan Tong Sampah Laut

Andrew Turton dan Pete Ceglinski distudio mereka dengan purwarupa tong sampah laut ciptaan mereka.
Foto: abc
Andrew Turton dan Pete Ceglinski distudio mereka dengan purwarupa tong sampah laut ciptaan mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Muak dengan sampah yang mengotori laut, dua peselancar Australia berhasil mengembangkan teknologi pembersihan laut yang unik. Teknologi mereka kini dilirik sejumlah investor dari berbagai kawasan di dunia.

Dua orang sahabat,  Andrew Turton dan Pete Ceglinski banyak menghabiskan masa kecil mereka bersama di lautan.

 

Rasa frustasi keduanya melihat banyaknya sampah yang mengotori laut tempat mereka melakukan hobi berselancaranya membuat kedua pria ini memutuskan keluar dari pekerjaan mereka dan menciptakan jalan keluar yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah ini.

 

Mereka berdua berhasil menciptakan tong sampah otomatis di dermaga yang mereka sebut Seabin (tong sampah laut) yang bisa membantu mengurangi polusi sampah di lautan

 

Dengan bantuan dari investor Shark Mitigation Systems di Australia Barat, keduanya berhasil menciptakan purwarupa dari tong sampah laut ini di Perth sebelum keduanya memasarkan teknologi ini ke pasar Eropa di Mallorca, Spanyol yang mendapat julukan ibu kota laut untuk kawasan Eropa.

 

Turton dan Ceglinski saat ini sedang berusaha mengumpulkan dana yang cukup untuk merealisasikan purwarupa mereka.

 

Proposal ini mendapat sambutan yang positif, dalam waktu singkat penggalangan dana atau crowdfunding yang mereka lakukan berhasil mengumpulkan dana sekitar 50 ribu dolar AS untuk membiayai proses produksi tong sampah laut ini.

 

Video dari tong sampah laut buatan mereka juga telah ditonton lebih dari 10 juta kali di internet dan kebanyakan dari negara-negara Eropa.

 

"Kami berhasil mendapatkan uang 34.000 dolar AS hanya dalam waktu tiga hari dan sekarang sudah seperti bola salju saja,” kata Ceglinski.

Baca juga:

Australia Nyatakan Kembali Dukungan Kedaulatan Indonesia di Papua

Rayakan Natal, Warga Brunei akan Dihukum Lima Tahun Penjara

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-12-20/dua-peselancar-australia-ciptakan-tong-sampah-laut/1528164
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement