Sabtu 26 Dec 2015 14:46 WIB

10 Peristiwa dalam Agenda Penghinaan Nabi Muhammad pada 2015

Red: Ilham
Muhammad SAW
Foto:
Identifikasi polisi di TKP penembakan di Copenhagen

4. Pada awal Mei 2015, aktivis anti-Islam Amerika, Pamela Geller menggelar acara kontes menggambar Nabi Muhammad di Texas. Namun, acara itu berakhir ricuh. Kerusuhan terjadi usai dua pria bersenjata melepaskan tembakan dalam acara, dan membubarkan kerumunan yang menyebabkan dua orang pelaku tewas.

 

Beberapa saat setelah itu, festival politik Denmark mengagendakan kembali kontes menggambar nabi Muhammad SAW di pulau Bornholm.

Dilansir The Local Denmark, Rabu (20/5) diumumkan bahwa sejumlah nasionalis Eropa akan menghadiri acara yang digagas Partai Denmark sayap kanan (Danskernes Parti) tersebut.

 

Pada Selasa (19/5), kelompok anti-Islam Denmark, Stop the Islamization of Denmark (SIAD) and Frit Danmark mengatakan bahwa mereka juga akan ikut serta menggambar nabi Muhammad di lokasi acara. Sebelumnya, penyelenggara telah menjanjikan bahwa dalam acara tersebut, sejumlah karya kontes menggambar nabi Muhammad di Texas, awal bulan kemarin, akan dipajang dalam acara.

"Kami melakukannya untuk kebebasan berbicara, dan untuk mereka yang diserang (di Texas)," kata Ketua SIAD, Anders Gravers Pedersen.

Frit Danmark mengatakan, pihaknya yakin telah mempersiapkan skenario keamanan yang ketat dalam penyelenggaraan acara. "Jika situasi (seperti di Texas) harus terjadi, kita siapkan keamanan yang memadai," kata ketua kelompok, Michael Ellegaard. Namun, acara ini gagal dilakukan.

sumber : Data Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement