Kamis 07 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Bill Clinton Didakwa Berselingkuh

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Monica Lewinsky dan Bill Clinton di Gedung Putih.
Foto: washington post
pol pot

 

Pasukan Vietnam pada 7 Januari 1979 merebut ibu kota Kamboja, Phnom Penh, menjatuhkan rezim brutal Pol Pot dan Khmer Merah. Khmer Rouge atau Khmer Merah dibuat oleh Pol Pot di hutan Kamboja pada 1960.

Gerakan ini menganjurkan revolusi komunis radikal yang akan menghapus pengaruh Barat di Kamboja dan mendirikan sebuah masyarakat agraria. Pada 1970, dibantu Vietnam Utara dan tentara Viet Cong, gerilyawan Khmer Merah mulai melakukan pemberontakan besar-besaran terhadap pasukan pemerintah Kamboja.

Pada 1973, pemboman rahasia Amerika Serikat menyebabkan Vietnam tersingkir dan menciptakan kekosongan kekuasaan yang langsung diisi Khmer Merah Pol Pot. Pada April 1975, Khmer Merah menguasai Phnom Penh, menggulingkan rezim pro-AS dan mendirikan pemerintahan baru, Republik Rakyat Kampuchea.

Di bawah kekuasaan Pol Pot, ia mengeksekusi kota-kota, melakukan kerja paksa untuk mewujudkan negara agraria impiannya. Ia bahkan membunuh mereka yang dianggap intelektual, misalnya mereka yang berbicara bahasa asing. Pekerja terampil juga tewas. Mereka yang memiliki kacamata, jam tangan atau teknologi modern lainnya ditangkap.

Antara 1975 hingga 1978, diperkirakan dua juta warga Kamboja tewas oleh eksekusi, kerja paksa dan kelaparan.

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement