Sabtu 09 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Bendungan Aswan Mesir Dibangun

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Bendungan Aswan, Mesir saat proses pembangunan.
Foto:
Bangkai kapal Seawise University (sebelumnya kapal Queen Elizabeth) yang tenggelam di pelabuhan Hong Kong, 1972.

Pada hari ini, 9 Januari 1972 silam, kapal Seawise University (sebelumnya kapal Queen Elizabeth) tenggelam di pelabuhan Hong Kong, meskipun upaya pemadam kebakaran besar selama dua hari telah dikerahkan.

Queen Elizabeth merupakan nama istri Raja George VI dan diluncurkan pada 27 September 1938. Ini merupakan kapal uap penumpang terbesar yang pernah dibangun pada saat itu.

Ketika Perang Dunia II dimulai, Queen Elizabeth dikirim ke New York, AS dari Southampton, Inggris untuk melindunginya dari bom Jerman. Kemudian, Queen Elizabeth menjadi kapal transportasi pasukan yang telah membawa hampir satu juta tentara selama perang.

Setelah perang, kapal kembali ke layanan komersial dan menjadi salah satu operator dominan trans-Atlantik, mengangkut ribuan orang bolak-balik antara Inggris dan AS.

Setelah pensiun dari Cunard Line pada 1968, Queen Elizabeth dilelang kepada penawar tertinggi. Kapal tersebut dibeli pada 1970 oleh taipan Taiwan, CY Tung. Tung mengubah nama kapal menjadi Seawise University dan mulai berubah fungsi.

Kapal tersebut menjadi pusat pembelajaran yang akan mengelilingi dunia. Namun pada awal 1972, saat kapal hampir selesai. Kebakaran menghancurkan kebanggaan Cunard Line tersebut meski tidak ada korban jiwa. Dua tahun kemudian, insiden kebakaran menjadi latar belakang adegan kunci The Man With Golden Gun, film 1974 yang dibintangi Roger Moore sebagai James Bond.

Selanjutnya: Mahmoud Abbas Menangkan Pemilu Palestina

 

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement