Rabu 13 Jan 2016 11:38 WIB

Uni Eropa-Indonesia Sepakat Kerja Sama Redakan Ketegangan Iran-Saudi

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Foto: JAK TV
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia dan Uni Eropa sepakat untuk bekerja sama meredakan perseteruan Iran dan Arab Saudi, Rabu (13/1). Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Keamanan dan Urusan Luar Negeri Federica Mogherini melakukan pembicaraan melalui telepon untuk membahas hal ini.

"Mogherini berbicara pagi ini dengan Retno untuk membahas ketegangan antara Iran dan Arab Saudi," tulis Kemenlu dalam pernyataan pers yang diterima Republika.co.id. Keduanya mengkoordinasikan pesan menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Indonesia ke Iran dan Saudi Saudi.

Mogherini sepakat tentang perlunya mengurangi ketegangan di wilayah tersebut. Mereka berbagi pandangan bahwa ketegangan saat ini bisa memiliki konsekuensi negatif, tidak hanya pada hubungan bilateral kedua negara tetapi juga untuk wilayah.

Ketegangan lebih lanjut akan merusak proses perdamaian Suriah dan berimbas pada komunitas Muslim di seluruh dunia, dari Asia Tenggara ke Eropa. Mogherini dan Retno akhirnya setuju untuk terus bekerja sama memulai inisiatif di masa depan yang bisa membantu menenangkan situasi.

Beberapa waktu lalu, Retno mengatakan surat presiden untuk utusan khusus sedang dipersiapkan. Pemerintah Indonesia juga sedang mencocokan jadwal dengan pihak Iran dan Saudi.

Baca juga, Delapan Konflik yang Bisa Memicu Perang Dunia III.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement