Rabu 20 Jan 2016 11:25 WIB

Pakistan Pamer Peluru Kendali

Uji peluru kendali Pakistan
Foto: AP
Uji peluru kendali Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pakistan dilaporkan sukses melakukan uji penerbangan sebuah peluru kendali milik mereka sendiri. Peluru kendali yang diberi nama 'Raad' itu memiliki jarak jelajah 350 kilometer.

"(Peluru kendali jelajah) Ra'ad dilengkapi dengan sistem navigasi dan alat-alat canggih yang menjamin mengenai sasaran dengan akurat," kata pernyataan resmi militer Pakistan, seperti dinukil dari AFP, Selasa (19/1).

Uji coba itu menjadi yang teranyar yang dilakukan Pakistan dan India. Dua negara tersebut pertama kali mendemonstrasikan kemampuan senjata nuklir pada 1998.

Pakistan dan India tidak pernah rukun. Kedua negara sering bersitengah sejak mendapatkan kemerdekaaan dari Inggris pada 1947. Pada Agustus 2015, bentrokan-bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan mereka dan perselisihan atas pertemuan seorang diplomat Pakistan dan separatis Kashmir.

Pakistan menguji rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak pada 15 Desemebr tahun lalu. Pekan lalu menteri luar negeri India mengadakan pembicaraan dengan rekan sejawatnya Sartaj Aziz dari Pakistan di Islamabad di sela pertemuan tingkat tinggi regional mengenai Afghanistan, tempat mereka bersama-sama mengumumkan mereka akan memulai lagi pembicaraan perdamaian tingkat tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement