Rabu 03 Feb 2016 19:01 WIB

Cangkir Kopi Sekali Pakai, Limbah Terbesar Kedua Setelah Botol Plastik

Warga Australia diperkirakan menggunakan 1 miliar cangkir kopi sekali pakai setiap tahunnya.
Foto:

Recyclabe/bisa didaur ulang

Cangkir kertas yang dilapisi plastik bisa didaur ulang sangat bervariasi dari daerah ke daerah, beberapa dewan pemerintah lokal menerima cangkir kopi sebagai bagian dari proses daur ulang mereka, tapi sebagian yang lain mengecualikannya dan membuang mereka di tempat pembuangan sampah.

Kompos

Ketika bahan cangkir tersebut memecah, mereka seharusnya cocok untuk digunakan dalam kompos. Namun pengomposan tidak tersedia secara luas di Australia, sehingga cangkir yang diletakkan dalam mesin pembuatan kompos rumah tangga atau masyarakat, kebanyakan cangkir kopi masih utuh dan berakhir di TPA.

 

Biodegradable

Umumnya, ini melibatkan proses yang menggunakan aditif dalam lapisan plastik berbasis minyak yang akan memecah ketika kekurangan oksigen. Tapi bukti ilmiah belum cukup membuktikan bahwa proses  ini sebenarnya bekerja.

 

Ada empat hal praktis yang dapat anda lakukan untuk mengurangi limbah cangkir sekali pakai tanpa berarti harus meninggalkan ritual minum kopi anda setiap hari.

• Jangan bawa pulang. Minum kopi anda dari cangkir keramik di kafe

• Bawa cangkir isi ulang Anda sendiri

• Tolak menggunakan tutup plastik. Jika anda tidak memerlukan tutup tidak usah meminta tutup

• Pilih cangkir yang terbuat dari bahan yang menggunakan bahan yang bisa cepat terurai seperti dari pohon yang bersumber  dari perkebunan kayu dan pisahkan cangkir itu ketika membuangnya ke tempat sampah.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-03/cangkir-kopi-sekali-pakai-jadi-limbah-terbesar-kedua-setelah-botol-plastik/1543384
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement