Selasa 09 Feb 2016 15:03 WIB

Australia Negara Terfavorit untuk Studi Mahasiswa Indonesia

Para mahasiswa asal Indonesia dalam salah satu acara perkenalan di Melbourne.
Foto:

Terlihat bidang yang diminati dalam pendidikan vokasi adalah yang diperkirakan mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus. Dalam kurun waktu 2011-2015 tren jumlah mahasiswa Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014, dan stabil pada tahun 2015.

Pada kurun waktu yang bersamaan tren jumlah mahasiswa yang mengambil pendidikan vokasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, tahun 2015 terjadi peningkatan sebesar 22,1 persen.

Penurunan jumlah mahasiswa Indonesia ini terjadi di Victoria, Western Australia dan ACT.  Sedangkan di NSW, Queensland Tasmania dan Northern Territory jumlah mahasiswa mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah mahasiswa  terbesar terjadi di negara bagian NSW.

Bidang studi yang paling diminati mahasiswa yaitu management and commerce juga mengalami penurunan pada kurun waktu 2011-2015.  Di samping itu bidang studi Information Technology dan  Creative Arts, Engineering and related technology dan Engineering and related technology juga mengalami penurunan minat.

Bidang studi yang mengalami peningkatan minatnya adalah food, hospitality and personal services, Society and Culture, health, dan architecture and building  Sedangkan bidang bidang lain yang stabil peminatnya adalah  agriculture, environment and related study

Pola tren minat studi yang berbeda jika dilihat pada pendidikan vokasi, dimana bidang management and commerce mengalami peningkatan yang signifikan.  Bidang yang juga mengalami peningkatan minat adalah social and culture, health dan Information Technology, sedangkan bidang lainnya mengalami penurunan.

Pada level pendidikan tinggi urutan strata studi dari yang paling banyak sampai yang paling sedikit jumlah mahasiswanya adalah bachelor, master (course work), doctoral,  diploma, graduate diploma, associate degree, master (research), graduate certificate dan advanced diploma.

Sedangkan pada level pendidikan vokasi urutan level yang paling banyak diminati adalah: diploma, certificate IV, certificate III, advanced diploma, certificate II, certificate I, dan  vocational graduate certificate.

Dalam kurun waktu 2011-2015 jumlah mahasiswa Indonesia yang mengambil program diploma, certificate IV dan certificate III mengalami peningkatan yang signifikan.

 

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-09/australia-negara-terfavorit-untuk-studi-bagi-mahasiswa-indonesia/1545386
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement