Selasa 09 Feb 2016 15:03 WIB

Australia Negara Terfavorit untuk Studi Mahasiswa Indonesia

Para mahasiswa asal Indonesia dalam salah satu acara perkenalan di Melbourne.
Foto:

Menurut Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ronny R. Noor dalam keterangannya kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia L. Sastra Wijaya paling tidak ada tiga faktor yang menyebabkan Australia menjadi tujuan studi terfavorit bagi mahasiswa Indonesia.

"Yaitu faktor kedekatan geografis antara Indonesia dan Australia, faktor pelemahan dolar Ausralia yang memberikan pengaruh nyata terhadap keterjangkauan biaya studi dan faktor ketersediaan beasiswa dari pemerintah Indonesia dan Australia yang semakin meningkat." kata Prot Ronny Noor.

Di samping itu menurut Prof. Ronny R. Noor hal lain yang cukup menggembirakan adalah tren jumlah mahasiswa Australia yang melakukan studinya di Indonesia meningkat sangat tajam dalam kurun 2 tahun terakhir. 

Sebagai contoh melalui program New Colombo Plan saja yang menawarkan program Internship, mentorship dan mobility program, dalam kurun waktu 2015-2016 ini jumlah mahasiswa Australia yang menempuh studinya di Indonesia mencapai 2.004 orang. 

Dengan jumlah ini Indonesia merupakan negara terfavorit  bagi mahasiswa Australia untuk menempuh studinya dimana 20% dari total 10 ribu penerima beasiswa New Colombo Plan memilih Indonesia sebagai tujuan studinya.

Pada 2016 ini direncanakan sebanyak 823 mahasiswa akan berpartisipasi dalam 52 mobility program di Indonesia yang meliputi berbagai disiplin ilmu. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Prof. Ronny R. Noor menyatakan bahwa meningkatnya jumlah mahasiswa Australia yang menempuh studinya di Indonesia membuka peluang dan kesempatan bagi institusi pendidikan dan non pendidikan di Indonesia untuk mempromosikan dirinya di tingkat Internasional.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-09/australia-negara-terfavorit-untuk-studi-bagi-mahasiswa-indonesia/1545386
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement