Ahad 21 Feb 2016 02:43 WIB

Perempuan Meksiko Pengidap Zika Lahirkan Bayi Sehat

Rep: c34/ Red: Angga Indrawan
Sampel darah dari gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan virus zika
Foto: Reuters/Mariana Bazo
Sampel darah dari gigitan nyamuk Aedes aegypti yang menyebarkan virus zika

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Seorang perempuan Meksiko yang mengidap Zika melahirkan bayi laki-laki yang sehat. Ibu yang berasal dari Kota Pijijiapan, Negara Bagian Chiapas, Meksiko, itu melahirkan bayi seberat 2,8 kilogram di sebuah rumah sakit di Kota Tuxtla Gutierrez, Jumat (19/2).

Kementerian Kesehatan Meksiko dalam sebuah pernyataan menyebutkan, evaluasi yang dilakukan pusat pediatrik rumah sakit menegaskan bahwa bayi tersebut sehat. Tak ditemukan kasus mikrosefali (lahir dengan kepala kecil) yang selama ini terjadi pada bayi yang ibunya mengidap Zika.

Wanita itu adalah salah satu dari enam ibu yang diketahui mengidap Zika saat hamil di Meksiko. Lima perempuan lain berada dalam kesehatan yang baik, mendapatkan perawatan berkelanjutan khusus, dan menjalani tes USG berkala.

Dua orang ibu lain telah menginjak masa kehamilan 28 minggu. Dokter yang memeriksa waswas karena beberapa tes menunjukkan ada tanda-tanda mereka mengandung janin dengan mikrosefali.

"Tiga ibu lainnya belum dapat diperiksa karena belum mencapai usia kehamilan 28 minggu," ujar pernyataan tersebut.

Dari 80 kasus Zika yang tercatat di Meksiko, 45 kasus berada di bagian selatan Negara Bagian Chiapas. Setiap tahun, rata-rata terdapat 600 kasus mikrosefali di antara 122 juta jiwa penduduk Meksiko dan jumlah itu belum berubah sejak wabah virus Zika menyebar di Amerika Latin.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement