Selasa 08 Mar 2016 09:46 WIB

Michelle Obama akan Hadiri Pemakaman Nancy Reagan

Michelle Obama
Foto: Reuters
Michelle Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Michelle Obama akan menghadiri upacara pemakaman Nancy Reagen, Jumat (11/3), yang akan dikebumikan di samping makam suaminya, mantan Presiden Ronald Reagen di Kalifornia

Nancy akan dibaringkan di tempat peristirahatan terakhirnya di kompleks museum Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan pada Rabu (9/3) dan Kamis (10/3). Upacara pemakaman keluarga direncanakan pada Jumat (11/3), demikian disampaikan Yayasan Kepresidenan Ronald Reagan, Senin (7/3).

"Istri Presiden, Michelle Obama, akan menghadiri upacara pemakaman Nyonya Reagan," demikian pernyataan resmi Gedung Putih, Senin.

Nancy, yang dikenal sangat protektif terhadap suaminya selama karirnya di Hollywood, delapan tahun di Gedung Putih menghadapi percobaan pembunuhan dan masa-masa Ronald didera penyakit Alzheimer, meninggal dunia pada usia 94 tahun, Ahad (6/3).

Penyebab kematian mantan aktris itu adalah gagal jantung kongestif, kata juru bicara Perpustakaan Kepresidenan Reagen. Dia meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles.

Di Washington, Presiden Barack Obama memerintahkan pengibaran bendera AS setengah tiang di Gedung Putih, gedung publik, markas militer, dan fasilitas lainnya untuk menghormati mendiang Nancy. Nancy menjadi salah satu istri presiden berpengaruh dalam sejarah kepresidenan AS dari Partai Republik mulai 1981 hingga 1989.

Suaminya yang memanggilnya dengan panggilan sayang Mommy, sedangkan dia memanggilnya Ronnie, meninggal dunia pada 2004 setelah berjuang lama melawan penyakit Alzheimernya, gangguan otak progresif yang merusak daya ingat. Presiden AS dari Partai Demokrat Obama dan istrinya, Michelle menyatakan Nancy Reagan telah mempertegas kembali peran sebagai isri presiden.

"Suatu kali Nancy Reagan menulis bahwa tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk tinggal di Gedung Putih," tulis pasangan Obama dalam pernyataan bersama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement