Senin 18 Apr 2016 01:24 WIB

Aksi 6.500 Warga Brussels yang Mengharukan

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ilham
Asap tampak mengepul dari bangunan di Bandara Brussels, (22/3). Sebelumnya terdengar ledakan di sana.
Foto: Reuters
Asap tampak mengepul dari bangunan di Bandara Brussels, (22/3). Sebelumnya terdengar ledakan di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Ribuan orang berkumpul di Ibu Kota Belgia, Brussels menyamakan barisan menentang kebencian pascainsiden bom bunuh diri yang terjadi pada akhir Maret lalu.

Berdasarkan lansiran dari kantor berita AP, kepolsian mengkonfirmasi setidaknya ada 6.500 orang yang mengikuti acara tersebut. Beruntung tak ada insiden apapun selama kegiatan itu.

Luar biasanya, orang-orang yang berkumpul tersebut datang dari beragam latar belakang agama, suku, dan ras. Kesemuanya bersatu padu menyamakan keinginan akan timbulnya perdamaian.

Aksi yang mengharukan itu berakhir di kawasan Molenbeek. Pemilihan lokasi karena banyak terduga pelaku serangan berasal dari Molenbeek. Sehingga aksi gerak jalan tersebut ingin mengenang atas tragedi serangan terhadap bandara dan kereta bawah tanah.

Guna mencegah adanya serangan bom, para peserta aksi tak diperbolehkan mengenakan tas punggung. Alasannya pelaku bom sebelumnya meledakan bom dari tas punggungnya.

Sebelumnya, aksi tersebut akan dilakukan pada 27 Maret lalu. Namun terpaksa urung dilakukan lantaran alasan keamanan. Beruntung kini situasi keamanan sudah terbilang lebih kondusif.

Diketahui, serangan bom bunuh diri ganda di Brussels tersebut sejauh ini menewaskan 34 orang dan menyebabkan 270 orang lainnya terluka. Teror bom di Brussels, Belgia, diduga dilakukan oleh 3 orang. Polisi mengidentifikasi Ibrahim El Bakraoui sebagai pelaku yang meledakkan dirinya di ruang check-in Bandara Zaventem.

Sementara itu, saudaranya, Khalid El Bakraoui, melakukan aksinya di stasiun kereta api bawah tanah Maalbeek, tak jauh dari Markas Uni Eropa. Najim Laachraoui dilaporkan menjadi tersangka teror ketiga yang terlihat dalam rekaman kamera CCTV bersama dua pelaku bom bunuh diri lainnya di bandara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement