Ahad 08 May 2016 15:05 WIB

Makin Banyak Tentara Perempuan Australia Bertugas di Daerah Konflik

Kopral Rachel Benson merupakan bagian dari pasukan tim kesehatan kedelapan.
Foto:

Angkatan Pertahanan telah mulai memudahkan personelnya untuk beralih dari status menjadi tentara cadangan penuh waktu menjadi personil cadangan ADF paruh waktu untuk memberikan orang lebih banyak fleksibilitas untuk terus berdinas sebagai tentara Australia.

 

Buku Putih Pertahanan yang dirilis Pemerintah Australia awal tahun ini menyatakan: "Untuk meningkatkan dan memajukan tenaga kerja perempuan di Pertahanan, ADF akan berfokus pada upaya meningkatkan daya tarik,  perekrutan dan retensi perempuan di ADF, menghapus hambatan perkembangan, dan pengembangan serta memfasilitasi melalui pendampingan dan pengembangan kesempatan" .

 

Seorang personel Angkatan Darat Cadangan Australia, Hanna McFadden adalah seseorang yang bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan itu.

 

McFadden baru saja menyelesaikan studi keperawatannya di Ballarat di Victoria dan mengaku sesi latihan perang pertamanya dengan skala besar di Cultana bulan lalu sangat menginspirasinya untuk bergabung dengan kakeknya yang terluka dalam aksi dalam Perang Dunia II.

 

"Pengalaman yang saya dapatkan sudah bisa dipastikan nyaris sama dengan pengalaman kakek saya bertempur di medan perang. Namun tentu saja waktu telah berubah. Anda masih tetap memiliki semacam hubungan batin ketika anda menggunakan seragam militer,” ucapnya.

 

Personel prajurit McFadden mengaku menyukai fleksibilitas menjadi tentara cadangan. Latihan perang Predators Gallop merupakan pengalaman latihan kemiliteran berskala besar pertamanya dan dia sudah tidak sabar menunggu kesempatan kembali ke medan latihan perang tahun depan untuk sesi latihan perang yang lebih besar, Hamel.

Perempuan telah dibolehkan ikut dilatih sebagai pilot RAAF sejak 1987 tapi hingga kini belum ada satu orang perempuan pun yang menjadi pilot pesawat tempur perempuan pertama di Australia.

Baca: Sejarah Hari Ini: Letusan Dahsyat Gunung Palee Tewaskan 30 Ribu Orang

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-08/australia-tingkatkan-minat-perempuan-bergabung-di-angkatan-pertahanan/1578164
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement