Senin 09 May 2016 13:22 WIB

Pendirian Masjid Raya di Melbourne Digagas

Islamic Centre of Victoria (ICV) selama ini menggunakan bangunan tiga lantai di Jalan Jeffcott Melbourne sebagai masjid.
Foto:

"Kami tidak meminta keistimewaan apa-apa dari pemerintah," kata Aktepe. "Jika ada kesempatan bekerja sama dengan pemkot atau pemerintah negara bagian untuk menemukan lokasi yang tepat, kami siap bicara dengan mereka."

Wali Kota Melbourne Robert Doyle menanggapi rencana ICV ini dengan mengatakan Pemkot tidak keberatan terutama terkait dengan isu keamanan atas kehadiran masjid baru itu nantinya.

"Warga komunitas kita selama ini senantiasa menangani isu-isu keamanan. Misalnya, komunitas Yahudi melakukan hal itu di sekolah mereka dan di rumah ibadah mereka. Kota kita ini diatur sebagai kota yang aman bagi umat beragama dalam menjalankan ibadahnya masing-masing. Makanya, kehadiran masjid akan menambah keindahan multikultural Kota Melbourne," tegas Wali Kota Doyle.

Sebelumnya rencana pembangunan masjid di Kota Bendigo, sekitar dua jam dari Melbourne, memicu aksi demonstrasi dari kelompok ekstrim kanan. Padahal Pemkot setempat telah menerbitkan izin pembangunan (IMB).

Sebuah rencana pembangunan masjid lainnya di daerah Narre Warren North, juga di pinggiran Melbourne, belum lama ini telah ditolak oleh Pemkot setempat karena dipandang tidak memenuhi syarat pembangunan.

Aktepe mengatakan, umat Islam perlu lebih aktif menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di dalam masjid mereka. ICV berharap Masjid Raya Kota Melbourne sudah bisa diwujudkan dalam lima tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement