Rabu 18 May 2016 06:36 WIB

Sejarah Hari Ini: Apollo 10 Meluncur

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Para astronaut Apollo X, dari kiri ke kanan: Thomas Stafford, John Young dan Eugene Cernan.
Foto:
Shrek 2

Hari ini pada 2001, studio film pemula Dreamworks SKG yang didirikan Steven Spielberg, Jeffrey Katzenberg dan David Geffen meluncurkan film paling sukses sampai saat ini, fitur animasi Shrek.

Berdasarkan buku anak-anak karya William Steig 1990, Shrek jelas merupakan imajinasi dari kisah klasik Beauty and the Beast. Studio awalnya menandatangani komedian Chris Farley untuk mengisi suara si Ogre hijau. Namun kematiannya pada Desember 1997 memaksa studio mencari pengganti yang tepat, meski karakter Shrek telah disesuaikan dengan kepribadian dan suaranya.

Ternyata banyak klise sentimental dongeng di film ini dengan penggambaran simpatik tokoh-tokoh tradisional jahat seperti raksasa dan naga. Dalam dunia Shrek, Prince Charming digambarkan bodoh, sementara Ogre yang diisi suara Mike Myers muncul sebagai pahlawan romantis. Eddie Murphy diizinkan berimprovisasi dalam perannya sebagai Donkey, sementara Cameron Diaz menyuarakan Princess Fiona dan John Lithgow sebagai Lord Farquaad yang licik.

Dreamworks memasukkan Shrek di Festival Film Cannes dan menjadi animasi pertama yang bersaing di sana sejak 1974. Rilis pada Mei 2001, film ini menghasilkan 42 juta dolar AS pada pembukaan akhir pekan. Ini menjadi yang terbesar yang pernah didapat Dreamworks. Keberhasilan Shrek membantu mendirikan nama Dreamwork sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan di Hollywood, khususnya di bidang animasi.

Ketika American Film Institute merilis daftar 10 film terbaik di 10 genre berbeda pada 2008, Shrek mengisi posisi delapan dan satu-satunya film non-Disney yang ada di daftar itu. Myers, Murphy, dan Diaz kembali dalam perannya di dua sekuel sukses yang dirilis pada 2004 dan 2007. Pada Desember 2008, musikal Shrek dibuka di Broadway.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement