Ahad 29 May 2016 08:18 WIB

Sejarah Hari Ini: Puluhan Fan Juventus Tewas dalam Kerusuhan Heysel

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Plang peringatan untuk mengingat 39 fan sepak bola Juventus tewas dalam kerusuhan final European Cup di Brussels 29 Mei 1985.
Foto:
Patung pendaki Gunung Everest pertama Sir Edmund Hillary dan sherpa Tenzing Norgay dihiasi dengan kalung bunga untuk memperingati 60 tahun pencapaian mereka di puncak Everest, di Kathmandu, Nepal. Keduanya mencapai puncak Everest pada 29 Mei 1953.

Hari ini 1953 silam, pendaki asal Selandia Baru Edmund Hillary dan sherpa dari Nepal Tenzing Norgay menjadi yang pertama mencapai puncak gunung Everest di perbatasan Nepal-Tibet. Mereka sampai di puncak dunia pada pukul 11.30 waktu setempat.

Kedua pria itu berpelukan dengan perasaan lega dan sukacita. Namun hanya berada di puncak selama 15 menit karena kadar oksigen yang rendah.

Hillary mengambil beberapa foto pemandangan dan Tenzing melambaikan bendara yang mewakili Inggris, Nepal, PBB dan India. Tenzing mengubur beberapa permen dan biskuit di bawah salju sebagai persembahan untuk Budha.

Mereka mencari tanda-tanda George Mallory dan Andrew 'Sandy' Irvine yang menghilang pada 1924 dalam upaya serupa untuk menaklukkan Everest, tapi tidak menemukan apa pun.

Gunung Everest diberi nama sesuai nama Sir George Everest, pensurvei pertama yang menghasilkan peta rinci dari sub-kontinental India termasuk Himalaya.

Selanjutnya: John F Kennedy Lahir

Statues of Sir Edmund Hillary and Tenzing Norgay Sherpa are decorated with garlands during the 60th anniversary of their ascent of Mount Everest, in Kathmandu.Picture:

 

 

sumber : History, BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement