Ahad 29 May 2016 08:18 WIB

Sejarah Hari Ini: Puluhan Fan Juventus Tewas dalam Kerusuhan Heysel

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Plang peringatan untuk mengingat 39 fan sepak bola Juventus tewas dalam kerusuhan final European Cup di Brussels 29 Mei 1985.
Foto:
John F Kennedy

Salah satu presiden paling dicintai Amerika, John Fitzgerald Kennedy lahir dari keluarga politik dan sosial terkemuka di Brookline, Massachusetts 29 Mei 1917. Ia adalah presiden Amerika pertama yang lahir di abad ke-20.

Pada 1935, Kennedy terdaftar di Harvard University dan menerima gelar dalam urusan internasional dengan penghargaan pada 1940. Setelah kuliah, Kennnedy bertugas di kapal Angkatan Laut dalam Perang Dunia II.

Pada 1952, ia memenangkan kursi di DPR dan kemudian bertugas di Senat selama tujuh tahun sejak 1953. Juga pada tahun yang sama, ia menikah dengan Jacqueline Bouvier. Meski memiliki sakit punggung persisten, bintang Demokrat itu berlari untuk kursi presiden pada 1960.

Pada 1963, Kennedy dibunuh saat mengemudi melalui Dallas, Texas dalam mobil touring. Lee Harvey Oswald menembak Kennedy di kepala. Gubernur Texas John Connally dan Jackie Kennedy juga berada di dalam mobil. Connally terluka di punggung, dada, pergelangan tangan dan paha, tapi akhirnya pulih secara penuh. Sementara Jackie tidak terluka.

Kennedy dimakamkan di Arlington National Cemetery.

sumber : History, BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement