Selasa 31 May 2016 07:31 WIB

PM Inggris Sebut Wali Kota London Muslim yang Membanggakan

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Esthi Maharani
Sadiq Khan
Foto: Economist
Sadiq Khan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron menyebut Wali Kota London, Sadiq Khan, sebagai Muslim yang membanggakan. Pernyataan itu disampaikannya ketika keduanya hadir dalam kampanye tetap menjadi anggota Uni Eropa (EU remain).

Cameron sempat berjabat tangan dengan Khan dan mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan Wali Kota London.

''Saya bangga berada di sini dengan wali Kota London dari Partai Buruh," ujarnya pada kerumunan seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (31/5).

Cameron merupakan pimpinan Partai Konservatif yang memerintah. Sedangkan Khan merupakan anggota partai oposisi, Partai Buruh. Sebelumnya, Cameron sempat berulang kali menyerang Khan, yang disebutnya menjadi bagian dari kelompok ekstremis. Khan membantah tuduhan tersebut. Dia kemudian mengalahkan calon dari partai Konservatif Zac Goldsmith saat pemilihan orang nomor satu London pada 6 Mei 2016 lalu.

Dalam satu sidang Majelis Rendah, sejumlah anggota parlemen partai Buruh sempat menyatakan Cameron sebagai seorang rasis ketika mempertanyakan posisi Khan. Sementara anggota parlemen dari partai UKIP, Douglas Carswell, mengatakan PM Inggris sempat menuduh Khan sebagai 'pendukung teroris'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement