Rabu 08 Jun 2016 11:35 WIB

Ilmuwan Australia Ubah Puntung Rokok Jadi Batu Bata

Gambar empat batu bata dengan komposisi puntung rokok yang berbeda (a) nol persen (b) 2,5 persen (c) lima persen dan (d) 10 persen.
Foto:
Limbah puntung rokok kini bisa diolah jadi batu bata

Cara kerjanya

Abbas dan timnya menemukan menambahkan sejumlah kecil puntung rokok ke dalam campuran tanah liat, mengurangi energi yang diperlukan untuk memanggang batu bata, dan juga meningkatkan sifat insulasi mereka.

Hanya sebagian kecil dari batu bata terbuat dari puntung rokok, sekitar satu persen. "Tetapi karena kami memproduksi begitu banyak batu bata per tahun, bahkan seandainya 2,5 persen dari total produksi batu bata tahunan dunia mencakup satu persen puntung rokok, tak akan ada polusi puntung rokok," katanya.

"Suatu hari di masa depan nanti, tak akan ada lagi sampah. Bahan limbah ini adalah sumber dari sumber energi bagi bahan lain konstruksi,” ungkap Abbas.

"Tak akan ada limbah yang sia-sia," imbuhnya.

Apa manfaatnya?

Abbas mengatakan, tak ada bahaya logam berat yang muncul dari batu bata. Proses pembakarannya ternyata mengubah beberapa unsur beracun ke dalam bahan kimia baru, dan sisanya terkunci dan bergerak dalam struktur bata yang padat.

"Satu persen itu tak apa-apa. Jika kami memiliki masalah dengan batu bata normal maka kami tak khawatir tentang batu bata dengan satu persen puntung rokok," jelasnya.

Pencarian itu akan mengumpulkan cukup puntung rokok untuk digunakan dalam produksi batu bata skala industri. Abbas mengatakan, ia belum memiliki kepentingan apa pun dari produsen bata. Meskipun ini masih awal, risetnya diterbitkan bulan ini.

"Tapi mungkin, sekarang kami menuju ke sana, waktu di mana mereka akan membutuhkan keahlian kami," ucapnya.

"Secara potensial, akan ada regulasi pada jejak karbon dari batu bata, dan mereka akan perlu menggunakan bahan daur ulang. Ketika sebuah sistem dipasang untuk produsen batu bata, anda akan melihat penghematan 10-20 persen energi. Dan kemudian, permintaannya akan naik,” jelas sang ilmuwan.

Ia mengatakan, pada saat itu, puntung rokok akan memiliki harga. "Saya pikir itu akan terjadi di masa depan puntung rokok menjadi sumber energi yang berharga ," ujarnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/studi-nad-inovasi/ilmuwan-australia-temukan-cara-ubah-puntung-rokok-jadi-batu-bata/7488290
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement