Senin 20 Jun 2016 08:45 WIB

Italia akan Miliki Wali Kota Perempuan Pertama

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Italia
Bendera Italia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Partai Five Star Movement tampaknya akan menang dengan mudah dalam pemilu wali kota Roma, Ahad (19/6). Kandidat partai, Virginia Raggi telah mengamankan 67 persen suara melawan kandidat partai Demokrat, Roberto Giachetti yang memperoleh 33 persen suara.

Jika Raggi menang, Roma akan memiliki wali kota perempuan pertamanya. Raggi telah menjadi favorit dalam pemilu. "Kita menempatkan diri kita di jalan ini dan kalah," kata sekutu dekat PM Italia, Matteo Renzi.

Kemenangan Raggi akan jadi hembusan kuat  Renzi. Partai Demokrat juga kemungkinan kalah di ibukota ekonomi Italia, Milan dan Turni, Bologna. Namun Renzi bersikukuh hasil pemilu kali ini tidak akan berpengaruh pada kestabilan pemerintahannya.

Ia memilih fokus pada referendum pada Oktober yang ia sebut ibu dari semua pertempuran. Renzi mengatakan ia akan pensiun dari politik jika warga Italia menolak pengajuannya soal otonomi dan pengurangan pengaruh majelis tinggi senat.

Koresponden BBC mengatakan kemenangan di Roma akan memberi Five Star sebuah platform untuk pemilu parlemen 2018 mendatang. Menurut kontributor BBC, James Reynolds, penduduk Roma telah frustasi dengan banyak masalah terkait transportasi dan perumahan. Seperti jalan berlubang, tumpukan sampah dan kekurangan serius dalam transportasi umum juga perumahan.

Five Star yang dibentuk oleh komedian Beppe Grillo pada 2009 ini berkampanye melawan korupsi yang menggerogoti politik Italia. Walikota Roma sebelumnya, Ignazio Marino mundur bulan Oktober lalu karena skandal pengeluaran berlebihan. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement