Rabu 22 Jun 2016 14:40 WIB

India Luncurkan 20 Satelit Sekaligus, Termasuk Punya Indonesia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Peluncuran satelit dari Kota Sriharikota, India.
Foto: EPA/STR
Peluncuran satelit dari Kota Sriharikota, India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India berhasil meluncurkan 20 satelit dalam misi tunggal, Selasa (21/6). Ini adalah misi paling ambisius dalam program luar angkasa India.

Termasuk di dalamnya satelit milik Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan Indonesia. Peluncuran dilakukan di pusat luar angkasa Sriharikota di area pesisir timur India.

Pengamat menilai ini adalah tanda India mulai bermain cakap di pasar luar angkasa bernilai miliaran dolar. India telah menegaskan kemampuannya sebagai pemain utama.

Meski meluncurkan puluhan satelit,  rekor tertinggi masih dipegang Rusia dengan peluncuran 37 satelit pada 2014. Peneliti dan Pemerintah India masih melakukan pemantauan roket yang membawa ke 20 satelit.

Muatannya bervariasi mulai dari 1,5 kg hingga 700 kg. India memasukan satelit kartografi milik universitas negeri dan internasional. Sebanyak 13 satelit adalah milik AS, termasuk satu yang dibuat Google.

Kepala Space Research Organisation (Isro) Kiran Kumaha  mengatakan peluncuran kali ini adalah pencapaian penting.  "Meluncurkan 20 satelit  dalam misi tunggal seperti menerbangkan buruk ke luar angkasa,"  kata dia dikutip BBC.

Baca juga, Perjalanan BRI Hingga Akhirnya Meluncurkan Satelit ke Orbit.

 

 

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement