Ahad 03 Jul 2016 08:33 WIB

Sejarah Hari Ini: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Pesawat Iran

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Ani Nursalikah
Anak-anak Iran melakukan tabur bunga mengenang ratusan korban pesawat Iran Air Flight 655 yang ditembak kapal AS di perairan Iran.
Foto:
Jim Morrison

Pada 3 Juli 1971,  Vokalis grup rock Amerika The Doors, Jim Morrison meninggal dunia di Paris saat berusia 27 tahun.

Dia ditemukan di bak mandi apartemennya pada 17 Rue Beautraillis oleh kekasihnya, Pamela Courson. Laporan dokter menyatakan penyebab kematian Morrison adalah gagal jantung yang diperparah dengan minuman keras. Jim Morrison dikubur di pemakaman Père Lachaise di Paris dan makamnya menjadi tempat ziarah bagi penggemar.

Morrison lahir di Florida pada 1943. Ia membentuk The Doors dengan Ray Manzarek pada 1965 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Band ini menjadi populer karena album pertama mereka, The Doors, yang dirilis oleh Elektra Records pada 1967, menjadi nomor satu hits di AS. Album mereka berikutnya, Strange Days and Waiting For The Sun, juga tetap menjadi hits di AS.  Tapi seiring dengan popularitas yang melejit, band ini kehilangan kredibilitasnya.

Perilaku Morrison didorong oleh minuman dan obat-obatan, menjadi lebih keterlaluan. Pada 1969 ia ditangkap karena perilaku cabul setelah konser di auditorium Miami Dinner Key. Meskipun beberapa dari tuduhan itu kemudian dibatalkan, skandal itu membuat kesulitan bagi band ini untuk beberapa waktu.

Morrison sempat menerbitkan dua buku puisi, The Lords dan The New Creatures.

 

 

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement