Ahad 17 Jul 2016 07:27 WIB

Erdogan Berterima Kasih pada Parlemen dan Oposisi

Rep: Gita Amanda / Red: Ani Nursalikah
Presiden Erdogan tampak diantara pendukungnya di Bandara Ataturk, Istanbul.
Foto: Reuters
Presiden Erdogan tampak diantara pendukungnya di Bandara Ataturk, Istanbul.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan terima kasihnya kepada Ketua Parlemen dan dua pemimpin partai oposisi karena tak mendukung kudeta. Ia menyampaikan hal itu dalam sebuah panggilan telepon pada Sabtu (16/7).

Dilansir dari Hurriyet Daily News, Erdogan melalui sambungan telepon mengucapkan terima kasihnya kepada Pemimpin  Republican People's Party (CHP) Kemal Kılıçdaroğlu dan National Movement Party (MHP) Devlet Bahçeli karena keduanya tak mendukung aksi kudeta pada Jumat (15/7) lalu.

Baca: Mesir Halangi PBB Bersikap Terkait Kudeta Turki

Erdogan juga menyatakan hal serupa pada Ketua parlemen Ismail Kahraman. Ia pun berterima kasih kepada semua deputi atas sikap heroik mereka saat parlemen terkena bom selama upaya kudeta.

Tak hanya itu, CNN Turk melaporkan, Erdogan juga menggelar pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras. Menurut laporan Tsipras berjanji akan melakukan segala upaya yang diperlukan untuk memulangkan delapan komplotan kudeta. Mereka diketahui mendarat di provinsi Alexandroupolis dekat perbatasan Turki.

Sekelompok militer Turki juga telah tiba di Alexandroupolis sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Mereka mengambil helikopter yang digunakan oleh komplotan kudeta untuk mengembalikannya ke Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement