Senin 18 Jul 2016 17:19 WIB

Kevin Rudd Ingin Jadi Sekjen PBB

Kevin Rudd
Foto: AP
Kevin Rudd

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengukuhkan mantan Perdana Menteri Kevin Rudd telah meminta kepada pemerintah mencalonkan dirinya sebagai Sekretaris Jenderal PBB.

Sebelumnya selama berbulan-bulan sudah muncul spekulasi mengenai keinginan Rudd untuk menggantikan Sekjen saat ini Ban Ki-moon dari Korea Selatan. Pengganti Ban Ki-moon akan memulai masa jabatannya 1 Januari 2017.

Menlu Bishop mengatakan masalah ini akan diputuskan oleh kabinet.

"Kevin Rudd telah meminta kepada pemerintah Australia untuk mencalonkan dirinya, dan seperti yang sudah dikatakan oleh Perdana Menteri beberapa kali, ini adalah keputusan kabinet." kata Bishop kepada Sky News.

"Saya tentu saja akan mengajukannya ke sana."

Sebelumnya, senator dari Partai Liberal yang mewakili daerah pemilihan Australia Selatan Cory Bernardi telah mendesak agar Bishop tidak mendukung, calon yang memiliki sifat ' megalomania, tidak stabil, pedendam' seperti Rudd.

Senator Bernardi mengatakan kepada ABC Februari lalu bahwa publik Australia akan kecewa bila kita mendukung orang seperti ini untuk jabatan penting tersebut.

Bila dicalonkan, Rudd akan bersaing dengan mantan perdana menteri Selandia Baru Helen Clark, yang sebelumnya sudah mengajukan pencalonan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/kevin-rudd-ingin-jadi-sekjen-pbb/7637356
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement