Sabtu 23 Jul 2016 00:54 WIB

Joe Biden Ingatkan Turki Usut Dalang Kudeta Sesuai Hukum

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Ani Nursalikah
Wakil Presiden AS, Joe Biden
Foto: AP
Wakil Presiden AS, Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Presiden AS Joe Biden mendesak Turki mengejar dalang yang berada di balik upaya kudeta yang gagal pada 15 Juli lalu. Namun demikian, ia mengingatkan Perdana Menteri Turki Binali Yildirim tetap berpegang kepada aturan-aturan hukum yang ada selama proses pengusutan tersebut.

“Wakil Presiden (Biden) mendesak penyelidikan para pelaku kudeta agar dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap penegakan hukum,” demikian pernyataan yang disampaikan Gedung Putih, Jumat (22/7).

Biden juga menyampaikan dukungannya kepada rakyat Turki yang dinilai ikut berperan dalam proses demokratisasi di negara itu. Pernyataan tersebut secara tak langsung juga menunjukkan penolakan Washington atas upaya kudeta terhadap pemerintahan yang sah di Turki.

“Biden juga memberikan dukungannya bagi kelangsungan demokrasi di Turki dan memuji komitmen rakyat Turki terhadap lembaga-lembaga demokrasi yang ada di negara itu,” tulis Gedung Putih.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement