Selasa 06 Sep 2016 19:39 WIB

Sejarah Hari Ini: Inggris Produksi Tank Pertama

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pada 6 September 1915, sebuah purwarupa tank yang dijuluki Little Willie melaju jalanan di Inggris.
Foto:
Mendiang Putri Diana

Sebanyak 2,5 miliar orang di seluruh dunia menonton prosesi pemakaman Princess of Wales, Putri Diana, melalui siaran televisi. Diana meninggal dunia pada usia 36 tahun dalam kecelakaan mobil di Paris.

Selama 15 tahun pernikahannya dengan Pangeran Charles, putra Ratu Elizabeth II dan pewaris tahta kerajaan Inggris, Diana menjadi sosok yang banyak dikenal dunia. Kisah hidupnya banyak ditampilkan dalam buku, program televisi, dan film, bahkan setelah ia meninggal.

Diana Spencer lahir pada 1 Juli 1961 di Norfolk, Inggris. Pada 29 Juli 1981, di usia 20, si pemalu ini menikah dengan Pangeran Charles di Gereja Katedral St Paul London.

Pada 21 Juni 1982, Diana melahirkan Pangeran William. Sedangkan putra keduanya, Pangeran Harry, lahir pada 15 September 1984. Charles dan Diana berpisah pada 1992, di tengah tuduhan perselingkuhan di kedua pihak. Lalu pasangan itu resmi bercerai pada 28 Agustus 1996.

Setelah bercerai, Diana melanjutkan pekerjaan kemanusiaan dengan melakukan berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran epidemi AIDS yang mematikan. Ia juga mengkampanyekan pelarangan penggunaan ranjau darat atau alat peledak yang ditanam di dalam tanah yang sering menyebabkan kematian warga sipil.

Suatu hari, pada 31 Agustus 1997, pengemudi mobil Diana kehilangan kendali kendaraan ketika mencoba menghindari paparazi dan jatuh di terowongan Pont de l'Alma di Paris. Diana dan pasangannya, Dodi al-Fayed, tewas dalam kecelakaan itu, yang kemudian diketahui sang pengemudi, Henri Paul, sedang berada di bawah pengaruh alkohol.

Inggris mengalami duka yang sangat mendalam atas kematian Diana. Pada 6 September 1997, ratusan ribu orang berbaris di jalan-jalan London untuk melihat iringan jenazah Diana yang diangkut ke Westminster Abbey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement