Kamis 15 Sep 2016 10:01 WIB

Remaja Austria Gugat Ortu karena Unggah Foto di Facebook

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Seorang remaja perempuan di Austria menggugat kedua orang tuanya karena mengunggah foto di jejaring sosial Facebook. Foto tersebut dinilai memperlihatkan dirinya yang memalukan saat masa kecil.

Remaja berusia 18 tahun itu menjelaskan ada lebih dari 500 foto masa kecilnya yang diunggah dalam album di Facebook selama tujuh tahun terakhir. Ia mengatakan gambar-gambar tersebut telah membuat dirinya menderita.

"Mereka tidak peduli memperlihatkan foto saya yang sedang duduk di toilet atau berbaring telanjang di ranjang. Semua diabadikan tahap demi tahap dan diperlihatkan ke banyak orang yang kemudian tertawa," ujar remaja tersebut, dilansir The Independent, Kamis (15/9).

Remaja itu telah meminta orang tuanya menghapus foto-foto tersebut dari Facebook. Namun, tidak ada respons berarti dan justru mereka mengatakan memiliki hak atas kepemilikan gambar.

 

Pengacara remaja itu mengatakan ada kemungkinan kliennya memenangkan kasus jika gambar tersebut telah melanggar hak privasinya. Jika demikian, maka orang tua tersebut harus membayar kompensasi finansial sekaligus denda hukuman.

Kasus ini untuk pertama kalinya terjadi Austria. Sebelumnya, di Prancis kasus serupa pernah terjadi, yaitu orang yang menggunggah foto orang lain tanpa persetujuan. Pelaku dikenakan hukuman satu tahun penjara dan denda 45 ribu euro.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement