Sabtu 15 Oct 2016 07:55 WIB

Gereja-Gereja Finlandia Bunyikan Lonceng untuk Korban Aleppo Setiap Hari

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Andi Nur Aminah
Gereja di Finlandia
Foto: Pixabay
Gereja di Finlandia

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Gereja-gereja di Finlandia membunyikan loncengnya sehari sekali untuk menghormati para korban pembombardiran Aleppo. Dilansir BBC, Jumat (14/10), Evangelical Lutheran Church Finlandia mengatakan lebih dari 200 gerejanya memulai inisiatif tersebut.

Aksi ini telah dimulai sejak Rabu (12/10). Lonceng gereja berbunyi setiap pukul lima sore untuk mengenang mereka yang tewas hari itu. Ide tersebut bermula di gereja Kallio Helsinki sebelum kemudian menyebar ke seluruh negeri.

Pada Jumat, Katedral Uppsala di Swedia pun mengumumkan aksi yang sama. Mereka akan membunyikan lonceng bersamaan dengan gereja-gereja di Finlandia.

Pendeta dari Kallio Paroki, Teemu Laajasalo mengatakan bel berkabung biasanya dibunyikan ketika jasad keluar dari gereja setelah upacara. "Ada perang yang sedang berlangsung di Aleppo dan pemakaman yang tidak berkesudahan," kata dia.

Saat ini, Aleppo jadi medan perang kunci antara pemerintah dan pasukan oposisi. Pembombardiran terus berlangsung sejak gencatan senjata runtuh pada September. Ratusan korban berjatuhan sejak saat itu.

"Ketika Anda lihat foto ibu dan ayah menggali reruntuhan mencari anak mereka, itu sudah cukup alasan untuk membunyikan bel," kata Laajasalo. Menurutnya, bunyi lonceng adalah simbol pemakanan tanpa henti di Aleppo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement