Selasa 25 Oct 2016 09:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Tentara Seljuk Turki Kalahkan Tentara Salib

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Tentara Seljuk
Foto:
Raja George III.

Pada 25 Oktober 1760 George III menjadi Raja Inggris. Raja George III memerintah Inggris dan Irlandia dari 25 Oktober 1760 hingga 1 Januari 1801.

Raja George III merupakan raja Inggris ketiga kerajaan Inggris dari keluarga Hanover. Ia dilahirkan di Inggris dan berbahasa Inggris, namun sesungguhnya ia tak pernah berkunjung ke Hanover yang merupakan tanah orang tuanya.

Pada masa pemerintahan Raja George III, Inggris mengalahkan Prancis dalam Perang Tujuh Tahun. Bahkan, Inggris berkembang pesat menjadi negara super power di Eropa, Amerika, dan India.

Inggris memperluas kekuasaannya hingga ke berbagai penjuru Eropa, Amerika, bahkan Afrika yang sangat jauh. Namun, ambisi kerajaan Inggris menguasai dunia membuat mereka menimbulkan banyak konflik dan perang dengan negara-negara lain di dunia.

Bahkan, saat Inggris ingin menjajah Amerika, banyak tentara Inggris yang tewas terbunuh di Amerika. Mereka kebanyakan tewas dalam Perang Kemerdekaan Amerika. Warga Amerika tak mau dijajah tentara kolonial Inggris, mereka menolak berada di bawah kekuasaan Inggris.

Kehebatan tentara Inggris di bawah pemerintahan Raja George III juga terbukti dengan kemampuan tentaranya mengalahkan kaisar terhebat dari Prancis,  Kaisar Napoleon Bonaparte, dalam Perang Waterloo.  Akhirnya, Bonaparte melawan lagi dan kalah lagi.

Kemudian Bonaparte diasingkan oleh tentara Inggris di Pulau Saint Helena yang sangat terpencil. Bonaparte tak bisa melarikan diri dari Pulau Saint Helena karena tentara Inggris menjaganya setiap saat. Apalagi angkatan laut Inggris berjaga di sekitar pulau itu, akhirnya Bonaparte mangkat di rumah pengasingannya di Pulau Saint Helena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement