Rabu 26 Oct 2016 15:23 WIB

10 Ribu Warga Cina Mengantre untuk Jadi Resepsionis

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Bendera Cina. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bendera Cina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Penerima tamu atau penyedia teh mungkin bukan pekerjaan impian. Tapi di Cina, 10 ribu orang mengantei untuk pekerjaan itu.

Hasil ujian pegawai negeri sipil tahunan Cina akan diumumkan pekan ini. Pekerjaan staf penerima publik China Democratic League mencetak rekor terbaru, 9.837 pelamar.

Padahal Democratic League adalah salah satu partai politik minoritas di Cina. Kekuasaannya yang pun terbatas. Sehingga penempatan di posisi tersebut cukup tidak bergengsi.

Namun mengapa banyak yang menginginkannya?

Seperti dilansir BBC, pekerjaan itu sangat mudah. Banyak pelamar setiap tahunnya yang membuat pemerintah harus lebih mengetatkan peraturan. Pemerintah meningkatkan kualifikasi dengan kemampuan yang lebih spesifik.

"Beberapa pekerjaan menarik banyak orang karena mereka memiliki persyaratan yang lebih luas untuk pendidikan, profesionalitas dan pengalaman kerja," kata juru bicara layanan sipil Li Zhong pada Harian Rakyat.

Siapapun dengan gelar sarjana dan dua tahun pengalaman minim dapat melamar pekerjaan di Democratic League. Sementara, 223 pekerjaan memiliki persyaratan yang agak sulit.

Selain itu, banyak sekali pencari kerja yang bersaing setiap tahunnya. Diperkirakan jumlahnya mencapai 1,4 juta orang. Rata-rata setiap pekerjaan dilamar oleh 49,5 orang. Tahun lalu, rasionya 46:1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement