Selasa 01 Nov 2016 15:05 WIB

Cina Pamerkan Jet Tempur Siluman J-20 untuk Pertama Kali

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Pesawat siluman J-20 Cina.
Pesawat siluman J-20 Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina memamerkan jet tempur siluman J-20 ke hadapan publik untuk pertama kalinya. Pesawat jet yang telah lama ditunggu-tunggu itu dipamerkan dalam acara Zhuhai Air Show, di Provinsi Guangdong, Senin (31/10).

Dua jet J-20 yang dilengkapi dengan radar penghindar, melakukan flypast selama 60 detik dalam pertunjukan udara terbesar di Cina itu. Jet ini menjadi simbol keteguhan Beijing untuk memodernisasi dan meningkatkan kemampuan militer mereka.

Seperti dilansir dari BBC, Presiden Xi Jinping berencana untuk menguatkan angkatan bersenjata Cina. Cina akan mengambil sikap lebih tegas di wilayahnya, terutama di Cina selatan dan Cina timur laut.

Jet tempur siluman J-20 dikembangkan dan dibuat oleh Chengdu Aircraft Industries Group, anak perusahaan dari Aviation Industry Corporation of China. Kecanggihannya menyamai Raptor Jet F-22 buatan Lockheed Martin. "Jet itu langkah besar dalam menunjukkan kemampuan militer Cina," ujar Analis Industri dari Aviation Week, Bradley Perret.

Baca juga, Cina Luncurkan Pesawat Amphibi Terbesar di Dunia.

Jet J-20 mendapat perhatian besar di hari pertama acara pertunjukan udara itu. Selain J-20, Cina juga memamerkan pesawat amfibi AG-600, sebagai pesawat amfibi terbesar di jenisnya. Pesawat pengebom Xian H-6K dan helikopter Changhe Z-10 juga turut ditampilkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement