Ahad 20 Nov 2016 22:27 WIB

Memahami Visa 457 Soal Pekerja Asing di Australia

Pekerja bangunan
Foto: abc
Pekerja bangunan

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Partai Buruh yang beroposisi menghendaki pengetatan pekerja asing yang datang ke Australia dengan menggunakan visa bisnis yang disponsori, yaitu visa 457. Visa ini ditujukan bagi pekerja asing selama empat tahun untuk menutupi jenis pekerjaan yang sulit dipenuhi oleh warga Australia sendiri.

Namun Partai Buruh menghendaki lebih banyak persyaratan agar bisa mendorong warga Australia mengisi pekerjaan tersebut dibanding mempekerjakan orang asing.Perdana Menteri Malcolm Turnbull menuduh Pemimpin Oposisi Bill Shorten bersikap hipokrit dalam isu ini.

Apa itu Visa 457?

Visa 457 merupakan visa bisnis yang diberikan oleh Pemerintah Australia untuk jangka waktu empat tahun kepada pekerja dari negara lain dan keluarganya. Tempat kerja harus menyetorkan berbagai dokumen - seperti nomor izin usaha atau ABN — kepada Departemen Imigrasi, untuk menunjukkan tempat kerja itu benar adanya dan layak.

Pekerja bisa membawa anggota keluarganya ke Australia di bawah Visa 457 kedua.

Siapa yang mendapatkan?

Visa ini dirancang untuk memenuhi lowongan kerja yang sulit dipenuhi oleh warga Australia. Ada berbagai keahlian berbeda yang masuk dalam daftar dengan tingkat gaji berbeda-beda serta latar belakang pendidikan berbeda, termasuk ahli neurologi, bidan melahirkan, pembuat lemari dan mekanik lift.

Namun seperti tampak dalam tabel Departemen Imigrasi, tahun lalu jenis keahlian yang paling banyak diberikan Visa 457 adalah tukang masak.

Berapa banyak yang mendapatkan?

Ada 94.890 orang yang mendapatkan visa ini termasuk anggota keluarganya. Tahun anggaran lalu, Pemerintah Australia menerbitkan 45.400 visa bagi pekerja asing, mengalami penurunan 11 persen di bandingkan tahun sebelumnya.

Faktanya, jumlah Visa 457 yang diterbitkan terus mengalami penurunan sejak 2013, yaitu bersamaan dengan diberlakukannya UU yang lebih ketat oleh Pemerintahan Partai Buruh waktu itu. Bill Shorten waktu itu menjabat sebagai menteri urusan lapangan kerja.

Dari mana mereka berasal?

Jumlah terbesar pekerja asing yang mendapatkan Visa 457 berasal dari India (26,8 persen), disusul pekerja dari Inggris (15 persen) dan Cina (6,6 persen).

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/bisnis-investasi/memahami-visa-457-yang-berlaku-di-australia/8026656
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement