Jumat 25 Nov 2016 07:20 WIB

Sejarah Hari Ini: Badai Terkuat Sapu AS Timur pada 1950

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Badai salju kali ini merupakan yang terburuk dalam 45 tahun terakhir.
Foto:
Mahasiswa menggelar kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak. (ilustrasi).

Dewan Umum PBB meloloskan resolusi International Day for the Elimination of Violence Against Women pada hari ini tahun 1999. Resolusi itu diperkenalkan di Republik Dominika sambil memperingati meninggalnya tiga bersaudara Maria, Teresa dan Minerva Mirabel. Ketiga dibunuh secara brutal pada 1960.

Perempuan-perempuan di Amerika Latin dan Karibia sebenarnya telah memperingatinya sejak 1981. Banyak organisasi termasuk United Nations Development Fund for Women (UNIFEM) mendorong pengakuan internasional atas momen tersebut.  Namun semua negara PBB tidak secara resmi menandainya hingga tahun 1999.

Organisasi perempuan seluruh dunia kemudian sukses meningkatkan kepedulian dan dukungan. Meski ini adalah perubahan positif namun statistik masih menunjukkan adanya pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Dalam laporan pada 1994 oleh World Bank, diperkirakan satu dari empat perempuan diperkosa. Laporan juga menyebut kekerasan terhadap perempuan adalah penyebab kematian yang cukup serius. Angkanya melebihi kematian perempuan akibat total penuaan, kanker, kecelakaan dan penyakit malaria.

Selanjutnya: The Mousetrap Karya Agatha Christie Diluncurkan

sumber : History

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement