Jumat 09 Dec 2016 10:48 WIB

Astronaut Pertama AS yang Mengorbit Bumi Tutup Usia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Astronaut AS yang pertama kali mengorbit Bumi John Glenn berpose pada 1998.
Foto: Reuters
Astronaut AS yang pertama kali mengorbit Bumi John Glenn berpose pada 1998.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Astronaut AS yang pertama kali mengorbit Bumi tutup usia, Kamis (8/12). John Glenn dinyatakan meninggal dunia di usia 95 tahun di James Cancer Hospital, Columber, Ohio, Amerika Serikat.

Direktur komunikasi John Glenn School of Public Affairs mengatakan Glenn sudah dirawat di sana sejak lebih dari sepekan lalu. Ia akan dimakamkan di Arlington National Cemetery, Virginia.

John Herschel Glenn Jr tak hanya berkarier di bidang luar angkasa, tapi juga politik. Ia menjadi orang pertama yang berhasil mengorbit Bumi pada 1962. Orang-orang menyebutnya pahlawan.

Sebelum menjadi astronaut, ia adalah pilot pesawat tempur dalam dua perang. Ia mencatat rekor menakjubkan dalam bidang kecepatan. Ia juga berkarir panjang selama 24 tahun di Senat AS.

Ia pernah maju dalam pertarungan menuju nominasi presiden dari partai Demokrat pada 1984, namun kalah. Meski lama menjabat di Senat, ia kembali pada dunia antariksa melalui Discovery di usia 77 tahun pada 1998.

Ia mencatat rekor manusia tertua yang pernah menjelajah luar angkasa. Atas segala perjalanan hidupnya, ia disebut-sebut sebagai pahlawan antariksa yang unik, seorang veteran perang yang murah senyum namun sekuat baja.

Beberapa sekolah, pusat luar angkasa dan bandara Columbus menggunakan namanya sebagai pengenang jasa. Presiden Barack Obama mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Glenn.

"Ia menghabiskan waktunya untuk menghancurkan penghalang," kata Obama yang pernah memberinya Medali Kebebasan, dikutip dari BBC.

NASA menyebut Glenn pahlawan Amerika yang sebenarnya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement