Kamis 15 Dec 2016 09:24 WIB

Sejarah Hari Ini: Banjir Bandang dan Longsor di Venezuela, 5.000 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Banjir bandang dan longsor landa Venezuela pada Desember 1999.
Foto:
James Brown

Penyanyi legendaris asal Amerika Serikat (AS) James Brown resmi menjadi seorang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan South Carolina pada 15 Desember 1988. Ia harus menjalani hukuman penjara dengan beberapa tuduhan kriminal seperti penyerangan dan percobaan pembunuhan.

Tindakan kriminal yang ia lakukan dilaporkan terjadi pada 24 September tahun yang sama. Brown saat itu sedang datang ke sebuah acara seminar asuransi di Augusta, Georgia. Namun, ia membawa senapan dan meminta semua orang yang ada di sana pergi.

Hingga setelah itu, polisi datang dan penyanyi yang dikenal dengan julukan 'Godfather of Soul' itu melarikan diri. Namun, ia berhasil ditangkap setelah polisi menembak tiga ban pada roda mobil yang dikemudikan olehnya di South Carolina.

Meski demikian, dalam pengakuannya Brown sudah ingin menyerahkan diri tanpa terlebih dahulu adanya penembakan ban mobilnya. Bahkan, setelah menghentikan mobil petugas polisi kulit putih dikatakan olehnya melakukan pengrusakan dengan memecahkan kaca jendela.

Setelah dihukum penjara tiga tahun, Brown mulai kembali ke dunia tarik suara. Bahkan ia yang saat itu berusia 60-an juga melakukan tur konser.

Namun, pada 1998, Brown dituduh memiliki kepemilikan obat terlarang dan ganja. Ia kemudian menjalani program rehabilitasi. Pada Desember 2006 lalu, ia menghembuskan napas terakhir. Brown menutup kehidupan di usia 73.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement