Sabtu 17 Dec 2016 10:33 WIB

Sejarah Hari Ini: Pentas Sirkus Terbakar, Lebih dari 300 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Kebakaran/ilustrasi
Foto:
Wright bersaudara uji coba pesawat.

Untuk pertama kalinya, pesawat berhasil diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia pada 17 Desember 1903. Orville dan Wilbur Wright merupakan dua orang bersaudara yang ada di balik kesuksesan penerbangan bersejarah yang dilakukan di dekat Kitty Hawk, North Caronia, Amerika Serikat (AS) itu.

Wright bersaudara merupakan penemu pesawat terbang. Meski bukan yang pertama kali membuat pesawat percobaan, mereka menjadi sosok yang pertama kali menemukan kendali pesawat.

Orville dan Wilbur dibesarkan di Dayton, Ohio. Mereka mengembangkan minat untuk mempelajari pesawat terbang pada 1890. Saat itu keduanya belajar dari seorang insinyur Jerman bernama Otto Lilienthal.

Kemampuan teknis dua bersaudara ini disebut luar biasa. Bahkan, sekalipun mereka jarang mengikuti pelajaran di bangku perkuliahan dan pada akhirnya tidak memperoleh ijazah atau gelar apapun.

Dua tahun setelah menerbangkan pesawat untuk pertama kali, Wright bersaudara mengembangkan pesawat dengan sayap, seperti yang saat ini kita lihat.

Pesawat terbang setelah ditemukan oleh Wright bersaudara terus mengalami modifikasi, baik dari rancang bangun, bentuk, dan mesin pesawat.Namun, dalam perancangan sayap hingga saat ini rancangan dari Orville dan Wilbur yang memaparkan mengenai tekanan udara terus digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement