Sabtu 07 Jan 2017 10:20 WIB

Sejarah Hari Ini: Pemilu Pertama AS, Hanya Pria Kulit Putih yang Boleh Memilih

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
George Washington
Foto:
Menara Miring Pisa di Italia.

Menara Miring Pisa Italia ditutup untuk umum untuk pertama kalinya dalam 800 tahun pada 7 Januari 1990. Penutupan dilakukan di tengah munculnya spekulasi struktur tanah yang hampir membuat bangunan terguling.

Selama 100 tahun terakhir, menara yang memiliki lonceng di bagian atasnya ini telah mengalami pergeseran 4,9 meter. Dari tegak lurus, kemiringan Menara Pisa terus meningkat sekitar 2 Mm setiap tahun, karena lapisan tanah liat dan pasir di sisi selatan lebih lembut dari pada di utara.

Pemerintah Italia menyisihkan 100 miliar lira dan menunjuk tim pakar internasional untuk menyelamatkan bangunan dari kehancuran. Tahap pertama proyek restorasi dimulai pada 1992 dan pada 1993 menara telah berhenti miring.

Dilansir dari BBC, monumen abad ke-13 ini menghabiskan waktu lebih dari 200 tahun untuk di bangun. Hingga saat ini, Pisa telah menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahun.

Penutupan menara saat itu dipastikan memiliki dampak yang signifikan terhadap industri pariwisata kota Roma. Struktur bangunan delapan lantai itu mulai miring setelah selesai pembangunan pada 1350. Meskipun tidak ada rencana meluruskannya, para ahli harus menghentikan menara agar berhenti bergerak miring.

Menara Pisa dihiasi dengan hiasan eksterior unik. Balkon di bagian atas dibangun agar pejabat lokal bisa melihat rakyat selama prosesi keagamaan di Abad Pertengahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement