Ahad 08 Jan 2017 09:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Hantam Jalan Tol, 46 Penumpang Tewas

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat The British Midland jenis Boeing 737 jatuh di jalan tol M1 dekat Bandara East Midlands, Inggris pada 8 Januari 1989. Insiden menewaskan 46 orang.
Foto:
Bapak astronomi modern, Galileo Galilei.

Astronom Italia, Galileo Galilei, meninggal dunia di usia 77 tahun, pada 8 Januari 1642. Pria yang lahir pada 15 Februari 1564 ini disebut sebagai bapak astronomi moderen, bapak fisika moderen, dan bapak ilmu pengetahuan, karena banyaknya penemuan yang dimilikinya.

Sebagai orang pertama yang menggunakan teleskop untuk mengamati langit, Galileo berhasil menemukan bulan Jupiter. Ia juga menemukan cincin Saturnus, bintik matahari, dan rotasi matahari.

Setelah Galileo memberikan informasi Bumi mengorbit ke Matahari sesuai dengan sistem Copernican, ia didakwa menyebarkan ajaran sesat. Ide-idenya dianggap berlawanan dengan ajaran gereja oleh badan hukum gereja Katolik.

Dilansir dari History, ia dinyatakan bersalah pada 1633 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Namun, karena faktor usia dan kesehatan, ia diizinkan menjalani masa hukumannya di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement