Ahad 08 Jan 2017 09:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Pesawat Hantam Jalan Tol, 46 Penumpang Tewas

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Pesawat The British Midland jenis Boeing 737 jatuh di jalan tol M1 dekat Bandara East Midlands, Inggris pada 8 Januari 1989. Insiden menewaskan 46 orang.
Foto:
Mona Lisa

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dipamerkan untuk pertama kalinya di depan umum di Amerika Serikat (AS). Lukisan Mona Lisa disimpan di National Gallery of Art di Washington DC, pada 8 Januari 1962.

Lebih dari 2.000 pejabat, termasuk Presiden John F Kennedy, mendatangi galeri tersebut hanya untuk melihat lukisan yang sangat terkenal itu. Keesokan harinya, pameran dibuka untuk umum dan selama tiga pekan berikutnya 500 ribu orang datang untuk melihat.

Lukisan Mona Lisa kemudian melakukan perjalanan ke Metropolitan Museum of Art di New York. Di tempat ini, Mona Lisa dilihat oleh jutaan orang yang sengaja datang ke museum tersebut.

Leonardo da Vinci adalah salah satu pelukis besar pada masa Renaisans di Italia. Ia menyelesaikan lukisan Mona Lisa pada 1504, yang merupakan potret istri warga kaya di Florentine, bernama Francesco del Gioconda.

Lukisan yang juga dikenal dengan nama La Gioconda itu menggambarkan seorang wanita dengan ekspresi wajah penuh teka-teki. Wanita itu sedang duduk di depan sebuah pemandangan alam.

Dilansir dari History, Ibu Negara AS Jacqueline Kennedy dan menteri kebudayaan Prancis sebelumnya telah mengatur peminjaman lukisan Mona Lisa ini dari Museum Louvre di Paris.

Selanjutnya: Astronom Galileo Galilei Meninggal Dunia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement