Kamis 12 Jan 2017 10:07 WIB

380 Anak Pemungut Bola Siap Bertugas di Australia Open 2017

Serena dan Venus Williams bertemu dengan 'anak-anak bola' menjelang pembukaan turnamen Australian Open.
Foto: ABC
Serena dan Venus Williams bertemu dengan 'anak-anak bola' menjelang pembukaan turnamen Australian Open.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Penyelenggaraan kejuaraan Tennis Australia Open tinggal enam hari lagi dan sementara para pemain masih menyempurnakan pola permainan mereka, 380 orang 'anak bola' dalam turnamen ini sudah siap melaksanakan tugas mereka.

Kebanyakan dari ‘anak bola’ atau 'ball kids' ini sudah menjalani proses mendaftarkan diri, seleksi dan pelatihan selama 12 bulan sebelum akhirnya terpilih dan ada juga kontingen internasional yang siap membuktikan kehandalan mereka.

"Saya sangat bersemangat. semua yang [terlibat dalam turnamen] ini merupakan yang terbaik. semua pemain yang akan tampil," kata Isabella.

Pada Selasa (10/1), anak-anak pemungut bola itu akan mencicipi kekuatan para bintang yang akan mereka layani selama tiga pekan mendatang dengan bertemu dengan Serena dan Venus Williams di Melbourne. “Anda semacam nyaris ingin berteman dengan mereka, tapi pada saat yang bersamaan anda perlu bekerja secara profesional," kata Noah.

Bertugas sebagai anak pemungut bola memiliki banyak tantangan, mulai dari suhu udara Kota Melbourne yang mencapai 40 derajat Celsius hingga menghadapi kemarahan para pemain. “Anda hanya perlu tidak mempedulikan udara panas itu, dan lakukan saja tugas anda, konsentrasi dan pastikan anda melakukan tugas sebaik mungkin yang bisa Anda lakukan," kata Isabella.

Tapi Anda bisa selalu memberi mereka sapaan kecil. “Kami harus tampil baik untuk semua, tapi jika seseorang sedikit menyulitkan kami mungkin akan memberikan mereka sedikit setengah lemparan,” kata Damian.

Anak-anak bola yang bertugas di Australian Open tahun ini berpose bersama dengan petenis Williams bersaudara.
Anak-anak bola dari Perancis, Cina dan Korea telah datang ke Melbourne untuk bertugas di kejuaraan Australian Open tahun ini. ABC News: Peter Lusted

Ribuan anak mendaftarkan untuk menjadi anak pemungut bola di turnamen Australia Open. Kebanyakan dari mereka yang berasal dari kontingen Australia sudah mulai mempersiapkan diri untuk terlibat dalam turnamen ini sejak 12 bulan lalu, dimana hanya kurang dari 20 persen saja yang berhasil melewati proses seleksi.

“Anda mulai proses ini Maret dan kemudian beranjak ke sesi percobaan lainnya, yang terjadi sekitar bulan Juli, dan kemudian sekali dalam sebulan Anda melakukan sesi latihan. Kemudian terakhir Oktober lalu,” tutur Noah.

Sebanyak 28 orang anak pemungut bola dalam kejuaraan tenis Australia Open pada tahun ini berasal dari luar negeri, dua orang dari Perancis, enam orang dari Cina dan 20 orang dari Korea. Bagi ‘anak-anak bola’ yang berasal dari Korea, proses seleksi yang mereka jalani bahkan jauh lebih ketat lagi.

“20 orang dari 1480 orang yang berhasil lolos seleksi. Itu proses seleksi yang sangat ketat,” kata Gon, yang akan ambil bagian dalam kejuaraan tenis terbuka sebagai ‘anak-anak bola laki-laki’ atau ‘ball boy’.

Kejuaraan Australia Open akan berlangsung di Melbourne dari 16 Januari hingga 29 Januari 2017.

Diterjemahkan pada pukul 15:18 WIB, 10/1/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/anak-anak-bola-siap-bertugas-di-kejuaraan-australian-open/8173636
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement