Senin 06 Feb 2017 16:37 WIB

Penerbangan Komersial Terpanjang di Dunia Mendarat di Auckland

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi - Qatar Airways.
Foto: EPA
Ilustrasi - Qatar Airways.

REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND -- Penerbangan Qatar Airways dari Doha, Qatar menuju Auckland, Selandia Baru mencetak rekor penerbangan komersil terlama di dunia. Dilansir Guardian, Ahad (5/2), penerbangan sejauh 14.545 km itu menghabiskan waktu 16 jam 23 menit.

Penerbangan itu tiba di Selandia Baru pada Senin (6/2). "Kami secara resmi mendarat di Auckland," kata maskapai penerbangan dalam akun Twitter.

QR920 mendarat pukul 07.25 pagi waktu setempat. Pesawat mendarat lima menit lebih lambat dari yang dijadwalkan.

Pesawat Boeing 777-200LR itu melewati 10 zona waktu dalam penerbangan maratonnya. QA mengatakan penerbangan itu lebih lama dibandingkan saat menonton Lord of Rings dan The Hobbit digabungkan.

Kedua film itu dibuat di Selandia Baru. Penerbangan melibatkan empat pilot dan 15 kru kabin. Mereka menghidangkan 1.100 cangkir teh dan kopi, 2.000 minuman dingin dan 1.036 makanan selama penerbangan.

Saat tiba di bandara, tim layanan penyelamat bandara Auckland menjalankan tradisi tradisional untuk penyambutan penerbangan bersejarah itu. Mereka dihujani meriam air saat kedatangan.

Rekor penerbangan ini mengalahkan dua penerbangan lain. Tahun lalu, Emirates melakukan penerbangan komersil nonsetop dari Dubai ke Auckland. Penerbangan ini menempuh 14.200 km perjalanan.

Sebelumnya, Air India juga melakukan penjalanan dari Delhi ke San Francisco. Namun demikian, penerbangan ini masih lebih dekat dibanding jarak Doha-Auckland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement