Selasa 21 Feb 2017 03:44 WIB

Duta Besar Rusia untuk PBB Tiba-Tiba Meninggal Dunia

Rep: Lintar Satria/ Red: Agus Yulianto
Vitaly Churkin
Foto: b92.net
Vitaly Churkin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Duta besar Rusia untuk Perserikat Bangsa-bangsa (PBB) Vitaly Churkin mendadak meninggal dunia di New York, Amerika Serikat. Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan kematian Churkin disebabkan sakit saat bekerja.

Kementerian Luar Negeri Rusia belum mengeluarkan pernyataan lengkap penyebab kematian Churkin. Hanya menyatakan duka cita yang mendalam kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Churkin meninggal tepat satu hari sebelum ulang tahunnya yang ke 65. Kabarnya Churkin sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum meninggal dunia.

Kantor Berita Rusia Tass menyatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin sangat sedih atas kepergian Churkin. Ia juga sangat menghargai profesionalitas dan bakat diplomatik Churkin.

Wakil Churkin di PBB Pyotr Ilychev mengatakan, Rusia sangat kehilangan atas kepergian Churkin yang tak tergantikan. "Duta Besar Churkin tetap bekerja sampai saat terakhirnya. Ia mempersembahkan seluruh hidupnya untuk kepentingan Rusia dan untuk itu ia berada di garis depan dan ia berada di tempat yang paling menekan," kata Ilychev.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova juga mengucapkan belasungkawa yang mendalam di akun facebooknya. "Seorang diplomat hebat. Kepribadian yang luar biasa. Laki-laki yang ceria," tulis Zakharova.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement